Sabtu, 01 Oktober 2016

Apalah Arti Pohon Bambu


          Hari ini saya akan membagikan ulang terkait dengan mata kuliah Filsafat Ilmu Pendidikan yaitu tentang filosofi pohon bambu. Rasa penasaran dengan pohon bambu ini memnag ada. Setau saya pohon bambu yaa begitu saja. Tetapi ternyata pohon bambu itu mengandung makna filosofi. Berikut saya uraikan tentang filosofinya setelah saya membaca beberapa artikel yang telah ada.
ü  Tahukah anda bahwa pohon bambu tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 5 tahun pertama.
ü  Walaupun setiap hari disiram dan dipupuk, pertumbuhannya hanya beberapa puluh sentimeter saja. 
ü  Namun setelah 5 tahun kemudian, pertumbuhan pohon bambu sangat pesat dan ukurannya tidak lagi dalam hitungan centimeter melainkan meter.
Dari beberapa pernyataan diatas, ada apa dengan pohon bambu? berikut kita simak jawabannya.
Ternyata selama 5 tahun pertama, bambu mengalami pertumbuhan yang pesat pada akar bukan pada batang. Artinya pohon bambu sedang mempersiapkan pondasi yang sangat kuat agar bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh - puluh meter kelak dikemudian hari.
Pesan yang dapat kita ambil
          Saat kita sedang mengalami kegagalan bukan berarti kita tidak berkembang, melainkan sedang ada pertumbuhan yang luar biasa dalam diri kita.
          Ketika kita hampir saja menyerah menghadapi asinnya kehidupan jangan pernah berfikir untuk memutuskan harapan.
          Bagian terberat dari sebuah kesuksesan adalah disaat awal seseorang memulai usaha dari sebuah perjuangan, karena segala sesuatu terasa begitu berat & penuh tekanan. Namun bila ia dapat melewati batas tertentu, sesungguhnya seseorang dapat merasakan segala kemudahan & kebebasan dari tekanan & beban. Insha Allah^^
          Buya Hamka berkata “kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup &  kalau kerja sekedar kerja, kera juga bekerja”.
          Ketika pohon bambu ditiup angin kencang, ia akan merunduk, tetapi setelah angin berlalu, dia akan tegak kembali, laksana perjalanan hidup seorang manusia yang tak pernah lepas dari cobaan & rintangan.
Fleksibilitas pohon bambu mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup, walaupun badai & topan menerpa.
Tidak ada kata menyerah untuk terus tumbuh, tidak ada alasan untuk terpendam dalam keterbatasan, karena bagaimanapun pertumbuhan demi pertumbuhan harus diawali dari kemampuan untuk mempertahankan diri dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.
Maka jadilah seperti pohon bambu !!! Tegak. Tenang. Bersahaja^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar